5 Tips Liburan Seru di Jakarta

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Wisata ke Jakarta, siapa takut? Ya, meski ibukota Negara Indonesia ini terkenal dengan macet dan ramai, tetapi tanpa disadari kota metropolitan ini menawarkan banyak hal yang Anda inginkan, khususnya dalam hal wisata dan hiburan. Keragaman tujuan wisata di kota ini tidak terbatas pada wisata belanja yang memang banyak ditemukan pusat perbelanjaan dan mal, mulai dari skala kecil hingga besar, tetapi juga destinasi untuk keluarga, misalnya kebun binatang, museum, kuliner, edukasi, sejarah, dan pantai.

Untuk mencapai Jakarta, Anda dapat menggunakan beragam moda transportasi yang nyaman buat Anda. Misalnya bus, kereta api, motor, mobil pribadi atau pesawat yang dapat ditempuh dari berbagai kota di Indonesia. Anda yang berdomisili di Surabaya atau Medan dapat melakukan penerbangan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai lokasi mendarat. Tidak perlu bingung mencari tiket sebab dapat dilakukan melalui agen Citilink terdekat dari tempat tinggal Anda. Namun, jika Anda sibuk atau lebih sering berselancar di dunia maya, dapat mengunjungi situs http://www.traveloka.com/citilink untuk memudahkan Anda dalam pencarian tiket pesawat.
 
Citilink
Citilink

Oleh karena Jakarta termasuk kota yang sibuk dan dipadati banyak kendaraan, maka persiapkan segala hal agar Anda nyaman berlibur ke tujuan wisata yang Anda tuju. Pada dasarnya, jarak antar tempat tidaklah jauh tetapi kota ini tidak terlepas dari kata ‘macet’, sehingga perlu memperhatikan beberapa tips berikut:

Tentukan Destinasi Wisata

Tak menutup kemungkinan, cukup banyak wisata yang ditawarkan Jakarta membuat Anda bingung atau ingin mengunjungi semua tempat tersebut. Pilihlah satu atau beberapa destinasi yang Anda inginkan agar fokus dan memudahkan pergerakan Anda selama di perjalanan. Sebagai contoh, Anda suka berwisata kuliner, maka berbagai area memiliki pusat-pusat kuliner dan jajanan. Akan tetapi Anda dapat memilih kawasan Sabang atau Kebon Sirih yang masih berada di area Jakarta Pusat, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan untuk mencapai kedua tempat tersebut.

Gali Informasi Seputar Event di Jakarta
Sebagai referensi Anda dalam menentukan destinasi wisata, galilah beragam informasi terkait acara-acara yang berlangsung di Jakarta ketika Anda berlibur ke kota ini. Informasi tersebut juga dapat membantu Anda merencanakan kapan liburan atau wisata tersebut akan dilakukan. Tak dipungkiri, Jakarta menawarkan event-event hampir setiap hari dengan kategori berbeda. Jadi, cari informasi tersebut jauh-jauh hari melalui televisi, radio, surat kabar, majalah atau jejaring sosial agar Anda merencanakan dengan baik wisata ke kota ini.

Rencanakan Waktu Perjalanan
Sebagai kota besar dan ramai, perjalanan di Jakarta tak jarang memakan waktu tempuh yang lama. Meski jaraknya dekat, bisa saja waktu yang dihabiskan ke tempat tujuan lebih lama, sehingga Ada harus memperhitungkan waktu tempuh perjalanan Anda. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi massal yang akan membutuhkan waktu lebih panjang untuk menjangkau dari satu tempat ke tempat lainnya. Tak hanya itu, perhatikan pula cuaca saat Anda berwisata. Contohnya, musim panas yang memungkinkan Anda melakukan wisata di luar ruangan dengan menyiapkan topi atau kacamata untuk kenyamanan, sedangkan musim penghujan yang memungkinkan Anda lebih memilih wisata di dalam ruangan atau gedung dan tak lupa untuk tetap menyiapkan payung, serta konsumsi vitamin agar kesehatan terjaga.

Gunakan Transportasi Yang Tepat
Untuk hal yang satu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Bila lebih efektif dan efisien menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan dapat memperhitungkan kapan sebaiknya Anda berangkat dari rumah dan melalui jalur mana untuk menuju destinasi tujuan. Namun, jika transportasi umum lebih memudahkan Anda, banyak alternatif transportasi yang digunakan menuju Jakarta, tepatnya tujuan wisata Anda. Ada kereta api Commuter Line untuk jalur Jabodetabek, bus kota atau angkutan kota, ojek atau juga bus Transjakarta yang dapat membantu keliling Jakarta dengan tarif Rp3.500. Akan tetapi, perlu diperhatikan waktu-waktu padat orang berangkat dan pulang dari berwisata karena akan mengakibatkan antrian panjang dan penuh sesak terutama di Halte Central Harmoni yang melayani berbagai rute bus Transjakarta. Waspadalah selalu terhadap copet saat sedang ramai.

Siapkan Makanan dan Minuman
Mungkin terlihat sepele tetapi dua hal tersebut sangat penting dalam perjalanan Anda. Jika Anda telah mempersiapkan dari rumah makanan dan minuman, Anda tidak perlu membeli selama perjalanan dan tentu akan menghemat biaya wisata dan liburan Anda. Apalagi harga makanan dan minuman di tempat wisata juga terbilang mahal.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

1 comments "5 Tips Liburan Seru di Jakarta", Baca atau Masukkan Komentar

Rohmad Nur Hidayat mengatakan...

Wisata di Jakarta itu tidak enaknya kalau pas macet. Pengen sebenarnya