Langkah- Langkah Pengembangan Jaringan Gas Bumi untuk Sektor Rumahan - PGN Anti Korupsi

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Pengembangan jaringan gas bumi saat ini sedang menjadi fokus PGN atau Perusaan Gas Negara sebagai satu-satunya pengelola dan pendistribusi gas bumi di Indonesia. Penggunaan gas bumi untuk saat ini sudah tergolong baik di kalangan masyarakat karena sudah diaplikasikan di hampir berbagai segmen masyarakat. Baik untuk gas keperluan rumah tangga, usaha- usaha kecil sampai industri, dan juga sebagai pembangkit listrik.

Perusaan Gas Negara
Perusaan Gas Negara
Penggunaan gas bumi menurut PGN seperti yang dipaparkan oleh Hendi Prio Santoso selaku Direktur Utama Perusahaan Gas Negara paling banyak digunakan oleh kalangan rumah tangga.

Hal inilah yang kemudian mendorong PGN untuk lebih menfokuskan pada pengembangan dan peningkatan pengguna atau pelanggan gas bumi dari kalangan rumah tangga. Karena kalangan rumah tangga jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang perusahaan ataupun industri.

Hendi Prio Santoso menyatakan bahwa untuk menambah jumlah pelanggan PGN untuk gas bumi dari kalangan rumah tangga perlu dilakukan langkah-langkah khusus seperti pengembangan jaringan gas untuk sektor rumahan.

Program pengembangan jaringan gas bumi untuk sektor rumahan ini menggunakan sistem mandiri, maksudnya adalah dana yang digunakan untuk keperluan ini berasal dari kantong Perusahaan Gas Negara (PGN) sendiri, baik itu untuk hal investasi, penanaman modal, dan lain sebagainya.

Setelah berjalannya program ini, seperti yang dipaparkan oleh Hendi Prio Santoso bahwa jaringan gas untuk rumah tangga sudah mencangkup beberapa provinsi di Sumatera, seperti kepulauan Riau, Sumatera Selatan, dan juga Sumatera Utara. Sedangkan di Jawa, meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bahkan saat ini sudah ada lebih dari seratus ribu rumah tangga yang mendapatkan sambungan gas bumi ini.

Untuk meningkatkan kinerja PGN, PGN mencoba untuk melakukan sinergi dengan pemerintah khususnya Kementerian ESDM yang bertanggung jawab untuk mengurusi masalah sumber daya alam di Indonesia. Pada 19 Agustus lalu, Kementerian ESDM diwakili oleh Sudirman Said selaku Menteri ESDM menyerahkan penugasan kepada PGN untuk mengelola dan juga mengoperasikan seluruh jaringan dan sambungan gas bumi yang tersebar di 11 kabupaten dan kota, dengan lebih dari 40 ribu rumah tangga di dalamnya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Langkah- Langkah Pengembangan Jaringan Gas Bumi untuk Sektor Rumahan - PGN Anti Korupsi", Baca atau Masukkan Komentar