Persiapkan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Berbisnis menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan saat ini terutama oleh anak muda. Banyak anak muda seperti mahasiswa yang memutuskan untuk membuka usaha sehingga dapat menjadi sumber penghasilan yang layak untuk diri sendiri. Jika bisnis tersebut telah berkembang dan stabil terdapat beberapa hal yang biasanya  ingindilakukanya itu memulai bisnis franchise. Akan tetapi, memulai bisnis waralaba tidak semudah bisnis yang sebelumnya karena sebagai pemilik, Anda juga harus mengontrol outlet lain yang bekerja dibawah nama perusahaan atau bisnis Anda.

Bisnis Franchise
Bisnis Franchise
Sebelum memulai bisnis waralaba, sebagai franchistor, terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Pertama adalah pastikan jika usaha Anda mempunyai konsep yang jelas dan dapat dimengerti oleh pihak lain selain Anda sebagai pemilik bisnis. Pemahaman konsep yang Anda miliki oleh calon franchisee atau penerima franchise sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis waralaba yang Anda jalankan. Hal tersebut dikarenakan konsep akan menjadi roda atau inti dari sebuah bisnis dan menjadi dasar dari penggunaan sistem atau strategi pemasaran yang lainnya.

Kedua adalah jangan lupa untuk mempersiapkan tim bisnis yang kuat dan memiliki kemampuan yang baik. Tim tersebut meliputi tim manajemen yang mengatur segala macam keperluan misalnya manajemen keuangan dan manajemen SDM. Jika tim managemen yang mengatasi dan mengatur mengenai pemilihan franchisee jeli atau teliti maka akan dapat memperoleh penerima franchise yang kompeten dan dapat memajukan bisnis waralaba yang Anda kembangkan. Tim manajemen juga harus meliputi managemen hukum sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya dalam pengurusan surat, Anda dapat langsung mengurus sehingga terhindar dari masalah hukum.

Ketiga adalah pastikan jika Anda mempunyai nilai jual produk yang unik dibandingkan yang lainnya. Bentuk atau sesuatu yang unik mengenai suatu produk atau sistem bisnis dapat menarik perhatian dari konsumen. Keunikan ini juga harus Anda ajarkan kepada calon franchisee. Keempat adalah pastikan jika produk Anda, mulai dari bahan baku hingga produk jadi yang dihasilkan memenuhi standar tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga bisnis Anda dapat berjalan lancar tanpa masalah yang berat seperti masalah hukum dan mudah untuk dikerjakan.

Hal lainnya yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis franchise yaitu:
  • Memiliki sistem yang mudah untuk diterapkan oleh franchisee yang akan bekerja sama dengan Anda.
  • Jangan lupa untuk mendaftarkan terlebih dahulu merk dan produk yang Anda miliki dari bisnis tersebut sehingga terhindar dari masalah tertentu misalnya klaim produk atau merk Anda.
  • Jangan lupa untuk mendaftarkan franchise Anda ke Departemen Perdagangan sehingga Anda mendapatkan surat tanda pendaftaran waralaba atau SPTW dan bergabung dengan Wali atau Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia atau Asosiasi Franchise Indonesia sehingga ketika Anda terdapat masalah, Anda dapat meminta saran di asosiasi tersebut.
  • Jangan lupauntukmembuatiklan.

Namun, apakah semudah itu menekuni usaha franchise? Ternyata tidak, selama Kita memilih merk franchise yang tepat maka besar kemungkinan meraup kesuksesan. Memilih jenis franchise ternyata memiliki seni tersendiri, seperti:

1.    Jenis franchise yang menyesuaikan minat,
Melihat dan menyadari minat akan suatu bidang usaha mempermudah jalan untuk mengelola sekaligus mengembangkannya. Sebagai contoh kecil, ketika memilih franchise makanan namun Kita tidak berminat dalam usaha kuliner. Bisa jadi perkembangan yang terjadi tidak pernah membuat Kita puas sehingga mencoba mencari pelarian. Sejak awal pastikan bidang usaha yang dipilih memang diminati agar menghargai setiap proses perkembangannya.

2.    Mudah diaplikasikan ke lingkungan sekitar,
Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya melakukan survey ke lapangan yakni kepada lingkungan di sekitar tempat tinggal. Pahami pola kehidupan tetangga dan kenali kebutuhan mereka sehingga menyediakan apa yang mereka cari. Akan menjadi percuma ketika memilih usaha yang terkenal di suatu wilayah namun di lingkungan sekitar tidak dibutuhkan. Sudah tentu Kita tidak akan memiliki konsumen, atau sulit menambah jumlah konsumen. Rugi? Sudah pasti akan memperbesar resiko menelan kerugian, dan perlu dicermati apa dan bagaimana kondisi lingkungan yang dimiliki.

3.    Sesuai dengan besarnya modal yang tersedia,
Franchise bisa sangat terkenal, suatu merk bisa saja mudah dikenal masyarakat karena kelebihan yang dimilikinya. Semakin terkenal brand franchise tersebut maka tampilannya pun akan lebih meyakinkan atau profesional. Bisa jadi modal yang diperlukan untuk membeli merk dagang tersebut sangat besar dan melebihi standar keuangan. Kesulitan sejak awal dari sektor modal sebaiknya mencoba beralih ke jenis usaha lain yang lebih sesuai. Memilih franchise yang tidak melebihi kemampuan akan memudahkan memiliki dan segera mengelolanya.

4.    Merk yang memang sudah mendapatkan kepercayaan,
Keuntungan dari membuka usaha franchise ialah sudah mendapatkan produk yang bermerk, baik itu makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Merk yang sudah ada tentu akan lebih mudah menggaet minat pasar. Promosi yang dilakukan pun tidak harus berlebihan, cukup mengandalkan papan nama maka konsumen berdatangan. Jika menghendaki hal seperti ini, langkah awalnya adalah memilih merk atau brand bisnis franchise yang sudah dikenal oleh masyarakat. Merk yang terpercaya akan menjadi bagian penting dalam membangun jaringan konsumen lebih besar.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Persiapkan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise", Baca atau Masukkan Komentar