Tips Mengelola Bisnis Waralaba Modal Kecil

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Modal dana yang kecil dalam menjalankan usaha bukanlah suatu hambatan untuk meraih kesuksesan. Apabila pengelolaan usaha dilakukan secara maksimal dengan penuh tanggung jawab dan kerja keras, tentu saja hasil yang memuaskan bisa didapatkan. Bagi Anda yang ingin memiliki dan mengelola bisnis waralaba modal kecil dengan hasil keuntungan yang optimal, pastikanlah strategi yang diterapkan adalah metode pengelolaan usaha yang tepat dan maksimal. 

Bisnis Waralaba
Bisnis Waralaba
Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengelola bisnis waralaba dengan modal yang tersedia, antara lain:

1. Tentukan jenis usaha waralaba yang akan dikelola.
Menentukan jenis usaha waralaba yang akan dikelola sangat penting dan perlu diperhitungkan sejak awal. Pilihlah usaha waralaba yang diminati masyarakat, misalnya dalam bentuk produk minuman dan makanan. Selain disukai dan banyak peminatnya, waralaba minuman dan makanan juga dapat dikelola dengan modal yang relatif terbatas. Dengan menyesuaikan produk yang dijual berdasarkan selera dan daya tarik masyarakat, maka bisnis waralaba yang Anda kelola lebih berpotensi untuk berkembang.

2. Rencanakan branding dan izin usaha waralaba yang menarik dan memiliki daya saing usaha.
Membuat produk yang diminati masyarakat dari semua kalangan usia perlu dilakukan dengan maksimal. Ciptakanlah brand usaha waralaba yang menarik dengan nama yang unik dan mudah diingat. Merk atau brand waralaba juga harus berkesan dan didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan daya jual. Nantinya, brand dapat dicetak pada booth yang telah disiapkan dan dijadikan banner atau spanduk untuk menarik pelanggan. Jangan lupa, urus perizinan usaha dengan baik agar bisnis berjalan lancar dan pilihlah lokasi usaha waralaba yang strategis sesuai budget yang ada.

3. Lakukan inovasi produk secara maksimal.
Saat ini usaha waralaba semakin menjamur di mana-mana. Para franchisor bersaing untuk mengembangkan usaha sehingga jumlah franchisee semakin bertambah di berbagai daerah. Untuk itu, lakukanlah inovasi produk agar usaha waralaba yang Anda miliki bisa berkembang. Apabila produk yang Anda miliki inovatif, disukai dan diminati berbagai kalangan, tentu saja para franchisee akan tertarik untuk membeli waralaba yang Anda punya sehingga pengembangan usaha semakin optimal.

4. Terapkan metode marketing yang efektif dan hemat.
Melakukan pemasaran sangatlah penting dalam menjalankan usaha, termasuk usaha waralaba. Lakukanlah metode marketing yang efektif dengan budget yang tersedia, misalnya melalui sosial media dan lain sebagainya. Selain hemat, berbagai metode marketing yang dilakukan dengan tepat dan efektif juga dapat memperluas jaringan bisnis waralaba modal kecil yang Anda kembangkan.

5. Support pelayanan yang baik bagi para franchisee secara profesional.
Seiring berkembangnya waktu dan jumlah franchisee yang terus bertambah, jangan lupa untuk memberikan support pelayanan yang optimal sehingga pengembangan usaha bukan hanya bisa dinikmati oleh Anda selaku pemilik waralaba, namun juga dinikmati oleh semua franchisee yang telah bergabung menjadi mitra.

Berbagai tips di atas dapat dilakukan untuk mengelola bisnis waralaba modal kecil yang Anda kembangkan sebagai franchisor atau pemilik usaha. Namun bila modal yang Anda miliki tidak memadai untuk membuka usaha waralaba, Anda dapat berperan sebagai franchisee dengan membeli waralaba yang telah tersedia. Selain lebih hemat, resiko usaha ini juga relatif rendah jika pemilihan usaha waralaba ditentukan dengan cermat dan pengelolaannya di support oleh pemilik waralaba atau franchisor usaha yang Anda tentukan. Dengan demikian, modal usaha yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan sekaligus mengelola usaha.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Tips Mengelola Bisnis Waralaba Modal Kecil", Baca atau Masukkan Komentar