Ternyata Begini Cara Hemat Membangun Jalan

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Jalan termasuk infrastruktur vital dalam suatu kawasan. Baik kawasan pemukiman, perkebunan, pertambangan, dan sebagainya. Kualitas jalan sangat menentukan kualitas kehidupan dan aktivitas dalam kawasan tersebut. Semakin baik kondisi jalan, semakin lancar pergerakan aktivitas bisa dilakukan. Sebaliknya, kondisi jalan yang buruk bisa menjadi penghambat kelancaran aktivitas di dalamnya.

Membangun Jalan
Proses Membangun Jalan
Pentingnya Sarana Jalan
Pada kawasan perkebunan dan pertambangan misalnya. Jalan sangat dibutuhkan sebagai akses mengangkut hasil kebun dan tambang. Sarana jalan yang tidak memadai berimbas langsung pada tingkat produktivitas kebun dan tambang. Kondisi jalan yang rusak dan sulit dilalui kendaraan pengangkut, berarti menghambat produktivitas. Lemahnya produktivitas berakibat pada kerugian yang diderita perusahaan. Sebaliknya, kondisi jalan yang kuat dan stabil merupakan penunjang penting lancarnya arus kendaraan yang mengangkut hasil kebun dan tambang. 

Saat membuka lahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun jalan. Tidak perlu semulus jalan di kota, yang penting kuat dan bisa mengakomodasi kendaraan yang akan lalu lalang dalam proses pembukaan lahan. 

Faktor utama adalah kondisi tanah. Permukaan jalan tanah tidak bisa sekadar rata. Tanah harus kuat dan stabil saat dilalui oleh kendaraan proyek dengan beban besar. Masalah yang sering muncul adalah jenis dan kondisi tanah yang labil. Misalnya tanah gambut, tanah liat, berpasir, dan sebagainya. 

Teknologi yang Tepat
Membangun jalan memang tidak mudah dan tidak murah. Apalagi jalan yang diperlukan adalah jalan yang kuat menahan puluhan hingga ratusan kendaraan berat yang lalu-lalang setiap saat. Namun dengan teknologi yang tepat, pembangunan jalan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih murah. Salah satu cara yang menjadi andalan saat ini adalah teknologi Rotec Soil Stabilizer. 

Rotec Soil Stabilizer adalah serbuk aditif yang mampu mengikat tanah dengan elemennya sehingga tanah menjadi keras dan stabil. Tanah menjadi tahan air dan tidak mudah tergerus saat hujan. Selain itu, struktur tanah manjadi jauh lebih kuat sehingga aman dibebani oleh kendaraan besar dengan berat mencapai ribuan ton. 

Rotec merupakan produk unggulan dari PT. Cahaya Inti Solusindo atau yang lebih sering disebut Soilindo. Perusahaan perkerasan jalan ini bergerak di bidang jasa konstruksi pengerasan tanah. Kantor pusatnya berada di Jakarta, tetapi wilayah garapannya sudah mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia. 

Teknologi Rotec sudah terbukti bagus diterapkan di kawasan Indonesia yang memiliki struktur material tanah yang beraneka ragam. Perkebunan kelapa sawit sudah banyak menggunakan teknologi pengerasan tanah ini. Jalan tanah di perkebunan stabil dan kuat dilalui truk-truk pengangkut kelapa. Misalnya perkebunan kelapa sawit di Sumatera, Kalimantan, dan juga Sulawesi.

Kawasan pertambangan sudah sejak lama menggunakan teknologi ini. Beberapa yang termasuk di antaranya adalah pertambangan yang berada di wilayah Papua.

Teknologi Rotec banyak disukai karena memakan lebih hemat biaya dan waktu. Hemat biaya karena biaya yang diperlukan tidak sebesar biaya untuk membuat jalan secara konvensional seperti diaspal atau dicor.  Hemat waktu karena pengerjaannya lebih mudah dan lebih cepat.   

Soilindo tidak hanya terkenal karena Rotec, tetapi juga kualitas sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan ini. Para pekerjanya berpengalaman dan ahli di bidangnya. 

Selain menggarap kawasan perkebunan dan pertambangan, Soilindo juga menerima pengerjaan perkerasan tanah pada skala lebih kecil. Misalnya di wilayah perumahan, perkampungan, lahan parkir, trotoar, taman, lapangan olahraga, dan sebagainya. Rotec bersifat ramah lingkungan sehingga tidak membahayakan manusia maupun tumbuhan.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Ternyata Begini Cara Hemat Membangun Jalan", Baca atau Masukkan Komentar