Macam-macam Minuman Hangat Khas Indonesia

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Indonesia adalah negara tropis yang memiliki 2 musim, yaitu musim panas dan musim penghujan. Keadaan ini tidak hanya mempengaruhi pertanian, gaya hidup, gaya pakaian dan lain-lain.

Minuman Hangat Khas Indonesia
Ilustrasi Minuman Hangat Khas Indonesia
Namun juga mempengaruhi jenis minuman yang ada di Indonesia. Macam-macam minuman hangat di Indonesia sangatlah banyak. Dan dari kesekian banyak macam-macam minuman hangat khas Indonesia tersebut, memiliki rasa dan ciri khas tersendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam minuman hangat khas Indonesia :

1. Wedang bandrek
Bandel adalah  salah satu dari macam-macam minuman hangat khas Indonesia yang berasal dari Sunda dan Betawi. Rasa wedang bandrek ini sangat khas, karena bahan pembuatan atau rempah yang di gunakan untuk membuat wedang bandrek juga sangat khas dan beragam.
Beberapa rempah yang biasa di gunakan untuk membuat wedang bandrek antara lain adalah cengkeh, kayu manis, sereh, kapulaga dan biji ketumbar. Anda juga membutuhkan santan dan gula jawa untuk membuat minuman hangat ini.

2. Bajigur
Tidak kalah terkenalnya dengan wedang bandrek, macam-macam minuman hangat ini juga berasal dari Sunda. Meskipun sama-sama berasal dari Sunda, namun rasa dari kedua minuman ini berbeda jauh.
Bajigur adalah minuman yang terbuat dari santan dan gula aren. Kemudian di tambahkan dengan sedikit garam dan jahe sebagai ciri khasnya. Anda juga bisa menambahkan krimer atau susu untuk pemanis tambahan.

3. Wedang ronde
Ciri khas dari macam-macam minuman hangat khas Indonesia yang satu ini adalah adanya ronde yang terbuat dari ubi atau beras ketan. Untuk bahan lain yang di gunakan pada wedang ronda antara lain adalah kacang, agar-agar, dan emping.
Lalu untuk airnya terbuat dari air yang di rebus dengan serai dan jahe. Dan untuk pemanisnya terbuat dari gula pasir yang di larutkan dengan air panas.

4. Sekoteng
Jika di lihat sekilas mungkin sekoteng hampir sama dengan wedang ronda. Hanya saja yang membedakan minuman khas Jawa dengan wedang ronda adalah isinya yang terbuat dari kacang hijau, kacang, kolang-kaling, potongan roti tawar, dan pacar Cina.
Untuk kuahnya sama saja, yaitu air putih yang di rebus dengan jahe dan serai. Anda jaga bisa menambahkan susu kental manis sebagai pemanis tambahan selain gula pasir cair.

Jika anda belum menikmati macam-macam minuman hangat khas Indonesia tersebut, jangan mengaku menjadi pecinta kuliner Indonesia. Untuk mendapatkan minuman tersebut, anda bisa menjumpainya dipingiran jalan hingga restoran mewah sekalipun. 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Macam-macam Minuman Hangat Khas Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar