Terpesona dengan Paket Wisata Ekonomis Green Canyon Pangandaran

Ditulis oleh: -
Bisnis Online- Indonesia benar-benar kaya akan potensi wisata alam yang menakjubkan. Banyak di antaranya yang berkelas internasional. Salah satunya adalah Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat. Pesona Green Canyon telah diakui sebagai tandingannya Grand Canyon di Amerika Serikat. Jika Anda ingin mencoba berwisata kelas dunia dengan harga terjangkau, pilihlah paket wisata ekonomis ke Green Canyon. 

Green Canyon Pangandaran
Green Canyon Pangandaran
Cara Beda Menikmati Pemandangan
Green Canyon merupakan wisata air, tepatnya wisata sungai. Aliran sungai ini diapit tebing-tebing batu raksasa yang menjulang tinggi dan dipenuhi tanaman liar. Pemandangannya sungguh luar biasa. Anda bisa menikmati keindahan panorama ini dengan menyusuri sungai menggunakan perahu kecil. Dalam kondisi normal, arus sungai tidak begitu kencang sehingga perahu bisa melaju stabil. Anda bisa menikmati pemandangan dengan tenang, sambil mengabadikan momen dengan kamera. 

Air sungai Green Canyon berwarna hijau, namun jernih. Anda bisa menyusuri sungai dengan perahu kecil sambil menikmati pemandangan di sepanjang alirannya. Jika mau, Anda bisa berenang di jernihnya air sungai pada beberapa titik yang diperbolehkan. Kawasan ini masih sangat alami sehingga banyak ditemui satwa liar di habitat aslinya. Anda juga akan menemui air terjun yang jatuh dari ketinggian tebing.

Green Canyon berada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tepatnya di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang. Lokasi Green Canyon hanya bisa ditempuh dengan perahu. Perahu bertolak menuju lokasi dari dermaga Ciseureuh dengan lama perjalanan sekitar 30 hingga 40 menit. 

Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang turis asal Perancis yang berkunjung di tahun 1993. Nama “green” dipilih karena kawasan ini didominasi oleh warna hijau alam, yaitu kondisi tebing yang berwarna hijau karena lumut dan tanaman liar, serta warna air sungai yang juga hijau namun jernih. 

Sedangkan nama “canyon” sendiri mengacu pada Grand Canyon di Amerika Serikat, tempat wisata berupa komplek tebing raksasa yang juga dialiri sungai di sela-selanya. Komplek tebing di Pangandaran ini dianggap sama mempesonanya dengan yang ada di Amerika tersebut. Maka disebutlah kawasan ini sebagai Green Canyon.

Masyarakat setempat menyebut Green Canyon dengan nama Cukang Taneuh. “Cukang” artinya jembatan, sedangkan “taneuh” artinya tanah. Cukang taneuh sebenarnya mengacu pada sebuah jembatan dari tanah yang menyambungkan lembah di daerah ini. Masyarakat setempat menggunakan jembatan tersebut sebagai jalan pintas menuju kebun tempat mereka bekerja. 

Kiat Berkunjung ke Green Canyon
Waktu terbaik mengarungi Green Canyon adalah di pagi hari saat musim kemarau. Di waktu ini, air sungai relatif tenang dan berwarna hijau jernih. Sebaiknya hindari berkunjung saat musim liburan atau akhir pekan. Pada saat musim liburan, pengunjung akan membludak sehingga terjadi antrian panjang. Padatnya pengunjung bisa membuat Anda kurang puas menikmati pemandangan dan fasilitas yang ada. 

Hindari juga berkunjung pada puncak musim huajn. Pada musim hujan, permukaan air meningkat drastis dengan arus lebih kuat. Jika keadaan dianggap membahayakan, lokasi wisata ini ditutup bagi pengunjung. 

Dengan memilih paket wisata ekonomis ke Green Canyon, Anda bisa juga menikmati aliran sungai dengan rafting atau arung jeram. Arus sungai pada beberapa titik memang berbeda-beda. Ada jalur sungai yang aman dan biasa digunakan untuk arung jeram tubuh. Anda mengarungi sungai tanpa perahu, namun cukup dengan tubuh Anda sendiri. Tentunya dengan peralatan keselamatan yang lengkap, seperti helm dan rompi penyelamat. 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Terpesona dengan Paket Wisata Ekonomis Green Canyon Pangandaran", Baca atau Masukkan Komentar