Aktivitas Siswa Yang Menjadi Penyebab Badan Pegal

Ditulis oleh: -
cara2sukses.com - Bagi seorang pelajar atau siswa belajar merupakan kegiatan wajib yang dilakukan setiap hari, kegiatan belajar yang dilakukan tidak hanya dilaksanakan di sekolah melainkan dapat dilaksanakan di tempat les, teman sebaya (belajar kelompok), membaca di perpustakaan bahkan belajar menggunakan media internet, apalagi saat ini setiap siswa pasti memegang gadget.

Penyebab Badan Pegal Anak Sekolah
Ilustrasi
Gadget apabila dimanfaatkan secara baik oleh siswa maka akan membantu siswa untuk belajar secara efektif dan efisien namun apabila siswa tersebut menyalahgunakannya maka gadget akan menjadi barang utama yang merusak mereka. Kegiatan belajar ini tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab badan pegal pada anak usia sekolah dan penyebab rasa jenuh. Berikut adalah beberapa aktivitas siswa yang diduga menjadi penyebab badan pegal:
  1. Belajar,belajar merupakan kewajiban bagi setiap pelajar namun sistem pembelajaran yang terlalu monoton dan kaku dapat menyebabkan siswa merasa pegal-pegal akibat kurang gerak,apalagi jika sistem pembelajarannya yang menuntut siswa harus duduk diam dan tidak diselingi dengan bercandaan,sistem pembelajaran semacam ini justru selain akan membuat siswa pegal dan jenuh juga akan membuat siswa stress.
  2.  Organisasi dan ektrakurikuler,berorganisasi dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu cara positif bagi siswa dalam menyalurkan bakat dan hobi mereka namun terkadang dalam sebuah organisasi ataupun ekstrakurikuler tersebut menuntut siswa untuk datang setiap hari sehingga setelah pulang sekolah yang seharusnya digunakan siswa untuk istirahat justru digunakan siswa untuk berorganisasi atau ekstrakurikuler.
  3. Bermain,di luar sekolah siswa juga memerlukan rekreasi salah satunya adalah dengan bermain yang biasa dilakukan pada saat hari sekolah libur,bermain inilah jika secara berlebihan atau melampaui batas maka akan menyebabkan siswa merasa pegal-pegal yang dikhawatirkan akan menyebabkan siswa malas pergi kembali ke sekolah.
  4. Les,les atau mengikuti program bimbingan belajar merupakan cara baik dalam membantu siswa belajar dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah namun banyak orang tua tidak menyadari kalau les inilah menjadi salah satu penyebab siswa mengalami pegal-pegal jika dilakukan secara berlebihan apalagi jika orang tua memberikan les keoada anaknya lebih dari satu bidang dan dengan jarak waktu yang berdekatan.


Empat aktivitas tersebut hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan aktivitas siswa yang sangat banyak baik di dalam maupun di luar sekolah.

Banyaknya aktivitas siswa tersebut harus menjadi bahan pertimbangan khusus bagi siswa sebelum melakukan suatu hal seperti saat hari libur boleh saja pergi berlibur atau bermain dengan teman-teman namun janmgan sampai berlarut-larut karena harus mengetahui kondisi fisik apabila kelelahan maka kelelahan tersebut akan menjadi penyebab badan pegal dan dikhawatirkan jika kondisi badan lemah dan tidak dapat bertahan maka yang akan terjadi adalah jatuh sakit. Keinginan berlibur yang semula diharapkan akan membawa kesegaran pikiran malah akan berdampak berbalik jika dilakukan secara berlebihan.

Selain perlunya kesadaran dari siswa itu sendiri,orang tua juga memegang peranan sangat penting terutama bagi orang tua yang sering membujuk anaknya mengikuti berbagai macam bidang les mulai dari les musik hingga akademik. Orang tua perlu mengetahui bahwa pemberian les yang berlebihan akan menjadi penyebab badan pegal yang jika terjadi pada anak usia sekolah maka dikhawatirkan anak tersebut tidak akan merasa bersemangat dan lambat menangkap pelajaran di sekolah karena kondisi badan yang letih akibat berbagai macam les yang diberikan sehingga sampai di sekolah ia akan lesu dan kelelahan bahkan jatuh sakit.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Aktivitas Siswa Yang Menjadi Penyebab Badan Pegal", Baca atau Masukkan Komentar