Lagi Berburu Perumahan Murah untuk Hunian Keluarga? Ini 5 Tips-nya

Ditulis oleh: -
cara2sukses.com - Memiliki rumah sendiri tentu merupakan impian semua orang, terutama Anda yang baru saja membina keluarga dan ingin hidup mandiri. Namun, mewujudkan impian tersebut ternyata tidak mudah. Harga rumah semakin melambung sementara Anda mungkin baru saja menapaki karier. Oleh karena itu, perumahan murah bisa menjadi solusi untuk Anda. Nah, ini dia 5 tips yang dapat membantu Anda untuk memiliki rumah idaman di perumahan murah

Perumahan Murah
Ilustrasi
Ketahui Kebutuhan Anda
Tahap ini sering kali dilupakan oleh calon pembeli rumah. Asal harga rumah sesuai kantong dan dibangun oleh pengembang ternama, mereka langsung saja memutuskan untuk membeli. Padahal, rumah ini akan kita huni dalam jangka waktu yang panjang. Jika rumah tersebut tidak memenuhi kebutuhan kita, sayang sekali kan?

Oleh karena itu, buatlah daftar kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh rumah impian Anda. Misalnya, rumah tersebut harus dekat dengan tempat Anda bekerja dan beraktivitas sehari-hari, karena mobilitas Anda yang tinggi. Hitung pula jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di rumah tersebut, sehingga Anda bisa memperkirakan luas rumah dan jumlah kamar. Anda yang berencana untuk memiliki buah hati juga membutuhkan tempat tinggal yang memiliki fasilitas taman bermain dan dekat dengan tempat pendidikan. 

Tentukan Anggaran untuk Membeli Rumah
Setelah mengetahui rumah seperti apa yang Anda butuhkan, berikutnya tentukan jumlah anggaran yang akan Anda keluarkan untuk membeli rumah. Menetapkan anggaran ini perlu, agar Anda tidak mengeluarkan dana melebihi kebutuhan yang sudah Anda rencanakan. Tetapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. 

Umumnya harga rumah di perumahan murah sekitar Rp100.000.000,00 hingga Rp450.000.000,00, bergantung dari tipe rumah, lokasi, dan fasilitas yang disediakan oleh pengembang. Jika tabungan Anda belum mencukupi, Anda bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Selain memperkirakan harga rumah yang ingin Anda beli, jangan lupa persiapkan dana untuk membayar biaya wajib lainnya, seperti pajak, biaya notaris, dan biaya cek sertifikat.  

Jangan Malas untuk Melakukan Riset
Berikutnya, rajin-rajinlah melakukan riset. Riset berguna untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai berbagai rumah yang mendekati keinginan Anda. Dengan demikian, pilihan Anda menjadi lebih banyak, sehingga memungkinkan Anda untuk memilih yang terbaik.  

Riset bisa dilakukan melalui internet, dengan melakukan pencarian di situs-situs penjualan rumah tepercaya, seperti rumahdijual.com. Menggunakan internet jauh lebih praktis, karena Anda bisa melakukan riset di mana saja dan informasi yang didapatkan dalam sekali waktu bisa lebih banyak. 

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti pameran-pameran properti. Di pameran ini, Anda bisa bertanya lebih detail kepada bagian pemasaran perumahan. Mereka juga bisa memberikan saran bagi Anda untuk memilih rumah terbaik dan membantu Anda untuk mengurus proses jual-beli rumah. 

Rumah Bekas Dapat Menjadi Alternatif Pilihan
Harga hunian baru di perumahan murah masih terlalu mahal bagi Anda? Jangan khawatir, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran dengan membeli rumah bekas. Rumah bekas umumnya dijual dengan harga miring, apa lagi jika pemilik rumah ingin menjualnya dengan cepat. Karena kondisi rumah yang sudah pernah dihuni, pastikan fisik bangunan masih kuat dan layak. Sebaiknya pilih rumah yang berumur di bawah 10 tahun. 

Lokasi yang Tepat
Rumah yang berlokasi bagus bukan hanya terletak di tempat yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum, seperti sarana transportasi, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, pusat pendidikan, dan rumah sakit. Suatu perumahan juga berlokasi bagus jika areanya bebas dari banjir. Untuk mengetahuinya, Anda bisa bertanya langsung kepada orang yang tinggal di perumahan tersebut. 

Lihat Rekam Jejak Pengembang 
Ini penting, terutama jika Anda belum pernah tinggal di perumahan yang dibangun oleh pengembang tersebut. Perhatikan berbagai ulasan yang dibuat oleh para pembeli rumah di situs pengembang, apakah lebih banyak yang puas atau malah kecewa? Jika masih kurang yakin, Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang tinggal di perumahan tersebut. Tanyakan pengalaman seputar proses jual-beli hingga serah terima rumah, apakah pernah terlambat atau bermasalah? Bila pengembang tersebut sudah pernah membangun perumahan lainnya, coba cek langsung saja kondisi bangunannya. 

Nah, itu tadi kelima tips untuk membantu Anda menemukan rumah idaman di perumahan murah. Jika Anda saat ini tinggal di Bekasi, berikut ini beberapa pilihan perumahan murah di Bekasi yang dapat Anda pertimbangkan.

Perumahan Griya Setu Permai
Murah, strategis, dan bebas banjir. Tiga kata tersebut cocok untuk mendeskripsikan salah satu perumahan murah di Bekasi ini. Dibanderol dengan harga Rp160.000.000,00, Anda sudah bisa mendapatkan rumah bebas banjir yang terletak di jalan utama penghubung Bekasi dan Cibubur. Jalan tersebut juga dilalui oleh angkutan kota dan dekat dengan jalan tol.

Buana Indah Garden
Perumahan ini mendapatkan subsidi dari pemerintah Bekasi, sehingga harganya sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan rumah di perumahan ini dengan membayar mulai Rp130.000.000,00 dengan cicilan Rp800.000,00 per bulan. Murah, kan? Letaknya juga strategis, karena dilalui angkutan kota, dekat dengan Exit Tol Cikarang-Tanjung Priok, pom bensin, tempat ibadah, dan sarana pendidikan. 
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Lagi Berburu Perumahan Murah untuk Hunian Keluarga? Ini 5 Tips-nya", Baca atau Masukkan Komentar