Cara Membersihkan Dan Merawat Tali Pusar Bayi

Ditulis oleh: -
cara2sukses.com - Bayi yang baru lahir, mempunyai tali pusar yang menghubungkan antara bayi dengan Bunda. Untuk Bunda yang mempunyai bayi yang baru lahir, ataupun yang baru melahirkan, sering tidak mengetahui tentang cara tepat merawat tali pusar bayi agar tidak terjadi infeksi atau terkena penyakit lainnya. 

Tali Pusar Bayi
Ilustrasi
Cara membersihkan dan merawat tali pusar bayi yang baru lahir: 
  1. Gantilah kain kasa secara berkala, jangan terlalu lama memakai kain kasa, itu akan mengakibatkan terjadinya infeksi pada tali pusar bayi. Jangan menggunakan kapas untuk membersihkan tali pusar pada bayi, karena serabut-serabut pada kapas akan menempel pada tapi pusar bayi.
  2. Hindari tali pusar terkena air saat mandi Jangan berendam ketika memandikan bayi, ketika tali pusar bayi belum mengering, cukup dengan menggunakan kain yang lembut dan halus untuk mengusap-usap tubuhnya.
  3. Jangan memberikan apapun untuk mengeringkan tali pusar, seperti salep atau obat lainya kecuali dalam izin dokter.
  4. Biarkan tali pusar terlepas Jangan menarik atau mencabut sendiri tali pusar bayi, karena bayi akan merasakan sakit. Biarkan tali pusar bayi terlepas dengan sendirinya.


Tips-tips untuk merawat tali pusar bayi :
  •  Bunda harus selalu mencuci tangan, dengan menggunakan sabun antiseptik dan dengan air yang mengalir, sebelum membersihkan tali pusar bayi, agar kuman-kuman yang menempel pada tangan Bunda tidak membahayakan tali pusar bayi.
  • Tali pusar tidak boleh dilepas dengan cara ditarik ke atas, biarlah menjulur dengan sendirinya. 
  • Jika tali pusar kotor, dan agak bernanah disekitarnya, ini adalah hal yang normal, tidak berarti infeksi dan Bunda tidak perlu khawatir tentang hal ini.


Beberapa kemungkinan, tali pusar bayi mengalami infeksi adalah bayi akan merasakan demam pada tubuhnya, lemah, lesu dan selalu rewel, tidak mau minum ASI atau susu, tali pusar agak kemerahan dan agak sedikit membengkak, bayi juga akan sering menangis tak henti-henti, tali pusarnya juga akan mengeluarkan bau. Jika bayi Bunda seperti ini, konsultasi langsung pada bidan atau dokter. Jangan menangani ini sendirian, ini akan menyebabkan infeksi lebih lanjut.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Cara Membersihkan Dan Merawat Tali Pusar Bayi", Baca atau Masukkan Komentar