Ini Mainan Edukatif Anak Yang Cocok Untuk Bayi

Ditulis oleh: -
cara2sukses.com - Mainan bayi tak hanya digunakan sebagai pengalih perhatian anak, namun mainan juga dapat dijadikan sebagai sarana belajar untuk anak dan bayi sejak dini. Banyak psikolog yang menyatakah bahwa meinan edukatif anak memiliki peran yang cukup penting dalam membantu anak memahami dan belajar akan hal – hal yang baru. Meskipun banyak mainan anak yang diciptakan hingga saat ini, kita juga harus tetap hati – hati memilih mainan edukatif anak yang interaktif untuk anak. Terlebih lagi bila anak atau bayi kamu masih berusia dibawah satu tahun.

Mainan Edukatif Anak
Ilustrasi
Mainan edukatif anak apa sajakanh yang dapat kamu gunakan dan manfaatkan untuk bayi? berikut beberapa diantaranya.

Boneka

Mainan bayi yang satu ini tak hanya dapat dimainkan oleh anak  perempuan saja namun untuk anak laki – laki pun bisa. Anak – anak atau bayi cenderung lebih mudah untuk berimajinasi dengan objek yang menyerupai makhluk hidup seperti boneka atau robot. Selain itu anak juga akan mempersiapkan diri dalam berkomukasi sejak dini dengan mausia melalui bantuan dari boneka atau robot. Pilih boneka dengan tekstur yang lebit dan tidak memiliki bulu – bulu halus agar tidak mengganggu anak atau tidak mudah kotor.

Bola

Mainan edukatif anak berbentuk bundar ini akan membentuk mengembangkan keterampilan motorik kasar bayi dan anak. Kamu bisa melakukan permainan menangkap bola atau menggelindingkan bola hingga melemparkan bola. Kemudian kamu bisa memperkenalkan anak dengan jenis permainan atau games bola lainnya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Untuk usia dibawah satu tahun jangan berikan bola plastik atau bola yang terlalu kecil karena bayi memiliki kecenderungan untuk meletakan segala sesuatu ke mulut mereka. Sebaiknya pada tahap ini pilih bola yang memiliki bentuk seperti boneka atau memiliki tekstur yang lembut dan empuk.

Building block

Mainan bongkar pasang ini cukup membantu dalam meningkatkan keterampilan motorik aak. Merakit balok atau blok dan menciptakan sebuah objek sesuai dengan imajinasi mereka juga dapat dengan sendirinya membantu meningkatkan keterampilan kognitif pada anak kamu. Untuk usia dini sebaiknya gunakan blok – blok dengan ukuran yang besar. Kemudian setelah anak mulai lebih besar secara bertahap ganti mainan edukatif anak dengan balok yang lebih keci dan cukup rumit. Hal ini akan merangsang otak anak untuk berfikir.

Rattle toy

Mainan kerincing anak atau rattle toy sering digunakan oleh ibu – ibu untuk mengenalkan anak terhadap bunyi – bunyian. Mainan bayi ini bisa digunakan sebagai pembelajaran untuk melatik keterampilan sensorik pada bayi atau anak. Bunyi gerincing umumnya sangat disukai oleh anak – anak, dan memancing rasa ingin tau mereka.

Buku

Buku dongen dengan cerita dan kisah yang menarik serta dipenuhi dengan ilustrasi gambar dan warna – warna bisa merangsang anak untuk belajar mengenali objek dan berimajinasi. Tidak masalah berapapun umur anak atau bayi. Meskipun mereka tidak bisa membaca, orang tua bisa menceritakan dan membacakannya. Metode ini juga bisa dijadikan sebagai pembelajaran nasihat untuk membentuk prilaku anak – anak. Selain itu kamu juga bisa membuat buku cerita menjadi sarana untuk melatih ketajaman memori anak. Kamu bisa memerintahkan anak untuk menceritakan kembali cerita yang mereka dengarkan. Minimal nama tokoh dan karakter yang ada dalam cerita yang kamu bacakan.

Nah itulah beberapa mainan bayi atau mainan edukatif anak yang bisa kamu pilih untuk melatih dan memberikan pelajaran berharga untuk anak – anak dan bayi. Pastikan untuk tidak memilih peralatan mainan anak yang berbahaya untuk anak – anak. 
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Ini Mainan Edukatif Anak Yang Cocok Untuk Bayi", Baca atau Masukkan Komentar