5 Hal yang Harus Anda Ketahui dari Pajak Jual Beli Rumah

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Setiap terjadi tansaksi jual beli rumah, maka akan dikenakan pajak. Mungkin di antara Anda ada yang sudah tahu pajak apa saja yang dikenakan, dan sebagian lagi mungkin belum tahu. Nah, bagi Anda yang belum tahu, simak penjelasan mengenai lima hal yang harus Anda ketahui dari pajak jual beli rumah.

pajak jual beli rumah
Ilustrasi
1. Pajak Penghasilan (PPh) Final
Jika Anda sebagai penjual rumah, maka Anda akan dikenakan PPh dengan tarif dan dasar pengenaan pajak tertentu. Besarnya PPh adalah 2,5% dari nilai transaksi. Sebagai contoh, jika Anda menjual sebuah rumah di Padang yang ditransaksikan dengan harga 2 milyar rupiah, maka Anda akan dikenakan PPh final sebesar 50 juta rupiah (2,5% x 2 milyar).

2. Pajak Bumi Bangunan (PBB)
Jika Anda sebagai penjual rumah, maka Anda juga akan dikenakan PBB. Ini disebabkan karena Anda memperoleh sejumlah keuntungan atau manfaat atas transaksi tersebut. Untuk besaran PBB yang dikenakan, itu tergantung lokasi, dimana bisa dilihat pada SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan).

3. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
Selanjutnya mengenai pajak jual beli rumah adalah PPN. Jika Anda sebagai pembeli rumah, maka Anda akan dikenanakan PPN. Ini disebabkan karena dalam transaksi tersebut terdapat pertambahan nilai dari barang atau jasa yang beredar dari penjual ke pembeli. PPN tersebut dipungut oleh si penjual rumah yang terdaftar sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak) dan harus segera menyetorkannya pada Negara. Besar PPN yang dikenakan yaitu 10%.

4. Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPTHB)
Jika Anda sebagai pembeli rumah, maka Anda akan dikenakan pajak BPHTB. Besarnya BPTHB biasanya 5% dari harga jual rumah. Akan tetapi, untuk mendapatkan nilai BPTHB, maka harus dikurangi dahulu dengan NPOPTKP (Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak). Sebagai perolehan hak atas tanah dan bangunan, maka pembeli rumah yang dikenakan pajak ini.

5. Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP)
NPOPTKP berfungsi sebagai pengurang untuk perhitungan BPHTB. Perlu Anda ketahui, besaran nilai dari NPOPTKP ini berbeda-beda tiap wilayahnya, sehingga akan berdampak pada nilai pengurangan yang berbeda pula. Anda harus memahami dengan baik mengenai pajak jual beli rumah ini.

Inilah lima hal yang perlu Anda ketahui dari pajak jual beli rumah. Jika Anda sebagai pembeli rumah, maka pahami pajak apa saja yang dikenakan. Begitu pun sebaliknya, jika Anda sebagai penjual rumah, maka pahami pajak apa saja yang dikenakan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "5 Hal yang Harus Anda Ketahui dari Pajak Jual Beli Rumah", Baca atau Masukkan Komentar