Perlukah Membuang Air Rebusan Mie Instan? Ini Jawabannya!

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Mie instan memang menjadi makanan yang paling banyak digemari oleh berbagai kalangan, terutama kalangan ekonomi menengah ke bawah, namun tak jarang juga digemari oleh kalangan atas. Selain murah dan praktis, mie instan memang terasa nikmat ketika dimakan, apalagi dikombinasikan dengan sayur, telur, dan sosis, sehingga terlihat lebih sehat.

Mie Instan
Ilustrasi
Secara umum, terdapat dua jenis mie instan, yaitu mie berkuah dan mie tanpa kuah, atau yang biasa disebut sebagai mie goreng. Dari dua jenis mie instan tersebut, mungkin yang paling banyak digemari oleh masyarakat yaitu mie berkuah. Alasannya beragam, salah satunya mengatakan bahwa kuah mie instan memang terasa nikmat sebab sudah dicampur dengan bumbu dari mie tersebut.

Berbicara mengenai kuah atau air rebusan mie instan. Banyak sekali metode yang berbeda yang dilakukan oleh banyak orang terutama dalam memasaknya. Ada yang memasak dengan membuang air sebusan mie tersebut kemudian mengganti dengan air yang baru, ada juga yang tidak membuang air rebusan pertama. Pertanyaannya, perlukah membuang air rebusan mie instan? 

Banyak sekali perspektif yang bermunculan mengenai perlu atau tidaknya membuang air rebusan tersebut. Ketika Anda bertanya kepada orang awam mengenai perlukah membuang air rebusan mie instan, maka pasti kebanyakan menjawab perlu. Alasannya hampir sama, yaitu mengatakan bahwa air rebusan mie instan mengandung zat yang tidak baik, sehingga bisa merusak tubuh.

Faktanya, pandangan masyarakat awam mengenai hal tersebut tidaklah benar secara medis, karena menurut Dr Marudut, seorang dosen yang juga merupakan ahli gizi, justru mengatakan bahwa jangan sampai membuang air rebusan pertama dari mie instan. Alasannya, di dalam air rebusan tersebut terdapat berbagai zat yang justru sangat baik, seperti asam folat, zat besi, zink, B1 dan B2.

Beliau juga menambahkan bahwa setiap mie instan sudah dibekali dengan fotifikasi terigu di Indonesia, dan juga sudah mendapat mandat dari pemerintah. Artinya, mie instan diciptakan bukan untuk membahayakan tubuh, namun sebagai solusi atau alternatif makanan. Selain itu, beliau juga menyarankan jika mengkombinasikan mie instan dengan bahan-bahan bergizi yang lain, seperti sayur, telur, dan sebagainya.

Dari penjelasan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa sebenarnya perspektif masyarakat awam mengenai perlukah membuang air rebusan mie instan justru keliru, karena mereka belum memahami fakta yang sebenarnya menurut medis, yaitu air rebusan mie instan tidaklah berbahaya bahkan mengandung zat-zat yang bagus untuk tubuh. Justru ketika air rebusan tersebut dibuang, malah akan menghilangkan zat-zat baik tersebut.

Itulah informasi penting yang perlu Anda ketahui mengenai perlu atau tidaknya membuang air rebusan mie instan. Jika Anda masih melakukan metode seperti yang dilakukan masyarakat awam dan masih menganggap itu benar, maka jangan lakukan lagi. Sebab, ahli gizi seperti Dr Marudut telah menjelaskan mengenai air rebusan mie instan tersebut. Oleh karena itu, pertimbangkanlah hal ini. 
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Perlukah Membuang Air Rebusan Mie Instan? Ini Jawabannya!", Baca atau Masukkan Komentar