8 Tempat Wisata Paralayang di Indonesia

Ditulis oleh: -
Bisnis Online - Paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang  bebas atau lepas landas yang menggunakan parasut dan dapat mengangkat badan penerbang. Olahraga paralayang ini lepas landar dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Peran angin sangat diperlukan dalam olahraga ini. Dalam kategori peralatan, paralayang dilakukan tanpa menggunakan mesin, semata-mata hanya memanfaatkan angin. Yuk sita simak beberapa spot wisata paralayang yang ada di Indonesia yang bisa kamu jadikan destinasi.

Wisata Paralayang
Photo: naturalsunrisetour.com
Bukit Timbis, Kuta Bali
Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan laut nya dan juga resort-resort yang mewah dan sudah mendunia. Tetapi juga sangat terkenal dengan  wisata paralayang nya yang juga termasuk kedalam terbaik dunia. Bukit Timbis berjarak 15 kilometer dari pantai Kuta.

Puncak Lawang, Sumatera Barat
Puncak lawang adalah nama suatu puncak dataran tinggi di kabupaten Agam, Sumatera Barat. Puncak Lawang berada di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Di Puncak Lawang terdapat spot paralayang yang merupakan spot terbaik se-Asia Tenggara. 

Di Puncak Lawang, kamu juga terdapat danau Maninjau yang akan memanjakan mata kamu tentunya. Puncak lawang memiliki ketinggian 700 meter oleh karena itu Puncak Lawang dijadikan Agam World Cup Paragliding. Tak perlu ragu untuk mengunjungi tanah Minang, karena disini kamu dapat menemukan hal menarik lainnya. Jadi segera booking tiket hotel. Untuk menghemat budget silahkan pesan hotel murah saja di Reservasi.com

Bukit Gupit, Parangtritis Yogyakarta
Bukit Gupit sebenarnya berada diwilayah Gunung Kidul, sementara Parangtritis masuk ke wilayah Bantul, Yogyakarta yang berjarak 3 kilometer dari pantai parangtritis. Bukit Gupit merupakan Spot terbaik paralayang yang ada di Yogyakart, bahkan pernah digunakan event bertaraf nasional yaitu Yogya Air Show 2014.  

Saat lepas landas dari bukit ini kamu bisa memanjakan mata dengan pesona keindahan pantai parangtritis serta perumahan penduduk setempat saat kamu berada di atas awan.  Namun, spot paralayang yang ada di parangtritis ini tidak bisa kamu nikmati setiap hari nya lho. Dikarenakan tergantung pada arah dan kecepatan angin. Spot ini hanya bisa dinikmati pada bulan Maret sampai Desember.

Gunung Ungaran, Semarang
Gunung Ungaran berada di wilayah Jawa Tengah, Semarang tepatnya di Pos Pendakian Mawar. Gunung Ungaran berada tidak jauh dari Umbul Sidomukti yangg bisa ditempuh dengan bejalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Landasan ini punya ketinggian yang berkisar sekitar 1.700 meter diatas permukaan laut. Saat take off kamu bisa melihat keindahan kota Semarang, Rawa Pening dan deretan pegunungan di sekitar Semarang. Spot paralayang di gunung Ungaran ini hanya beroperasi pada weekend saja.

Bukit Joglo, Jawa Tengah
Bukit Joglo terletak diwilayah provinsi Jawa Tengah. Bukit Joglo dulunya hanya bukit biasa sama seperti halnya bukit-bukit lain yang ada di sekitar Wonogiri. Namun, pemerintah setempat memanfaatkan bukit Joglo yang dulunya ditumbuhi tanaman liar, kini sudah di sulap menjadi spot paralayang yang  indah dan menarik untuk dikunjungi dan menjadi buruan para pecinta olahtaga ekstrim yang memacu adrenalin.

Cuaca di sekitar bukit Joglo ini sangat mendukung untuk menikmati spot paralayang karena itu Bukit joglo termasuk salah satu spot paralayang yang berkualitas Internasional.

Paralayang Puncak, Bogor
Bogor merupakan destinasi yang  paling diminati warga Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati akhir pekan. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun tidak melewatkan kesempatan untuk singgah di kota hujan ini.  Selain dikenal dengan kota hujan, Bogor juga memiliki spot paralayang. Area take off  puncak Bogor terdapat Agrowisata (Naringgul) atau lebih dikenal dengan bukit Gantolle yang memiliki ketinggian 250 meter. Cukup menantang bukan? Segera Booking tiket hotel di Bogor dan nikmati wisata menantang selain paralayang di Bogor.

Matantimali, Palu (Sulawesi Barat)
Wilayah Matantimali yang berhadapan langsung dengan lembah palu dan teluk palu. Dari arah barat daya, untuk menuju tempat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sepanjang perjalanan menuru Matantimali mata anda akan dinajakan dengan keindahan alam pegunungan Gawalise dan hamparan lembah palu yang sangat eksotis. Spot paralayang Matantimali juga merupakan spot terbaik Indonesia yang sudah di kenal mancanegara. Bahkan, tahun lalu Matantimali dinobatkan menjadi lokasi perlombaan paralayang Internasional yang diikuti oleh beberapa negara di dunia.

Bukit Beta, Danau Toba ( Sumatera Utara)
Keindahan alam tanah Karo sudah tidak asing lagi tentunya. Selain keindahan Danaunya yang mendunia dan merupakan keajaiban alam, dan juga memiliki wisata sejarah ternyata pemerintah setempat juga memanfaatkan keindahan alam danau toba untuk menjadi spot paralayang. Pasti tidak ingin melewatkan kesempatan terbang bebas dengan menggunakan parasut ini bukan ??

Pemandangan alam, dan udara yang sejuk menjadi surganya para pecinta olaraga ekstrim ini. Spot paralayang danau toba ini terletak di Bukit Beta. Jika anda menghabiskan waktu di bukit beta, jangan lupa untuk melihat matahari terbenam ataupun matahari terbit yang luar biasa menjadi keindahan Beta menjadi sangat sempurna karena perpaduan cahaya dari bukit dan danau. Nikmati liburan menarik lainnya di Sumate Utara, segera booking tiket hotel yang berdekatan dengan lokasi wisata. Tak perlu mahal, cukup pesan hotel murah lewat Reservasi.com saja. 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "8 Tempat Wisata Paralayang di Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar