Macam-Macam Antibiotik dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditulis oleh: -
Cara Sukses - Sekarang ini sepertinya Anda lebih mudah terserang penyakit. Apalagi, penyakit tersebut kadang lebih kebal daripada penyakit biasa seperti pilek atau batuk yang bertahan lama. Untuk itu, Anda harus menggunakan antibiotik. Ada macam-macam antibiotik yang bisa Anda temukan untuk menjaga kesehatan Anda. Apa saja?

Antibiotik
Ilustrasi
Manfaat Antibiotik
Sebelum mengetahui berbagai jenis antibiotik untuk membantu Anda menjaga kesehatan, Anda harus tahu dulu apa sebenarnya antibiotik itu. Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengobati berbagai penyakit. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme lainnya.

Tujuan dari adanya antibiotik ini tentu saja untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis infeksi yang diderita. Mulai dari yang stadiumnya rendah, hingga staidum parah sekalipun. Namun, ada yang harus Anda ingat, ya! Antibiotik hanya mengobati berbagai jenis penyakit tertentu. 

Jadi, tak semua jenis penyakit bisa dibasmi dengan antibiotik. Terlebih bagi Anda yang menderita riwayat penyakit yang diakibatkan oleh virus ataupun jamur. Antibiotik biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti pilek, penyakit kulit, sakit tenggorokan dan lainnya. Lalu, apa saja macam-macam antibiotik?

Berbagai Jenis Antibiotik
1. Penisilin
Penisilin adalah salah satu jenis antibiotik yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Ada baragam pembagian dari Penisilin, yaitu Penisilin G, Penisilin V, Ampisilin, Tikarsilin, Kloksasilin, Oksasilin, Amoksilin, dan terakhir Nafsilin. Manfaat dari penisilin ini bisa mengobati berbagai infeksi yang menyerang Anda akibat bakteri.

Berbagai penyakit tersebut bisa terjadi di daerah gigi, telinga, kulit, mata dan berbagai organ tubuh lainnya yang rentan. Tapi, bagi Anda yang alergi pada antibiotik ini harus hati-hati saat menggunakannya. Sebab, antibiotik ini bisa mengakibatkan kerentanan suatu organisme terhadap injeksi protein susulan atau disebut juga dengan anafilaksis.

2. Safelosporin
Berikutnya ada Safelosporin. Ini adalah mikroba betalaktam yang efektif untuk menghambat reaksi pada transeptidase dalam rangkaian pembentukan dinding sel. Antibiotik yang satu ini biasanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dengan infeksi berat seperti meningitus, gonorhea dan beberapa jenis infeksi lainnya.

3. Aminoglikosida
Lalu ada Aminoglikosida. Jenis antibiotik ini akan bekerja untuk menghambat pertumbuhan protein bakteri yang menyerang. Penggunaan antibiotik ini biasanya dicampurkan dengan Penisilin atau Safelosporin. Secara umum penggunaan antibiotik ini adalah untuk mencegah atau mengobati tifus atau pneumonia.

4. Makrolida
Ada juga Makrolida. Antibiotik yang satu ini bekerja mencegah biosintesis protein pada bakteri. Biasanya, obat ini diberikan pada pasien yang memiliki alergi pada Penilisin. Untuk antibiotik yang satu ini, biasanya digunakan pada penderita infeksi saluran pernapasan, infeksi lambung dan beberapa infeksi lainnya.

Macam-macam antibiotik ini ada bertujuan agar bisa mencegah dan mengobati penyakit yang Anda dan orang lain derita. Tapi, jangan terlalu sering gunakan antibiotik. Kuman bisa jadi kebal karenanya. Untuk itu, Anda harus menjaga kebersihan dan mandi dengan Lifeboy yang mengandung bahan aktif untuk mengusir bakteri tanpa harus gunakan antibiotik.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Macam-Macam Antibiotik dan Manfaatnya Bagi Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar