Operasi Caesar yang Perlu Diperhatikan Oleh Setiap Ibu

Ditulis oleh: -
Cara Sukses - Salah satu operasi yang sangat penting bagi setiap ibu adalah operasi caesar. Operasi ini bertujuan untuk membantu para ibu dalam proses persalinan agar bisa berjalan lancar. Tapi, setelah operasi caesar, setiap ibu perlu menghadapi luka bekas operasi caesar di area sekitar perutnya. Tapi, tahukah Anda kalau ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu diperhatikan? Inilah dia beberapa diantaranya.

Operasi Caesar
Ilustrasi Operasi Caesar
Pendarahan pada bekas luka
Apabila setelah proses operasi pendarahan terjadi di area sekitar vagina, maka hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pada proses tersebut sedang terjadi proses penyembuhan di area rahim Anda. Ini disebabkan karena saat plasenta terpisah maka akan tertinggal pembuluh darah yang terbuka dan mengalir ke dalam rahim. Rahim akan kembali menyusut usai proses operasi dan sisa-sisa darah akan keluar melalui vagina.

Akan tetapi, apabila pendarahan terjadi di area bekas luka operasi, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab, ketika terjadi gesekan, bekas luka bisa menjadi iritasi dan bahkan berujung pada luka yang kembali berdarah. 

Ketika bekas luka kembali berdarah, maka proses pengeringan akan berjalan lambat dan tertunda sekitar 4-6 minggu. Pastikan bekas area operasi tetap kering dan hindari gesekan untuk meminimalisir terjadinya pendarahan lanjutan pada area sekitar bekas operasi.

Mati Rasa
Pasca operasi caesar, tak jarang area sekitar luka operasi akan menjadi mati rasa. Ini merupakan hal yang normal mengingat aliran darah setelah operasi area sekitar luka tersebut tidaklah berjalan dengan normal. 

Umumnya, sensasi mati rasa yang Anda rasakan disekitar luka operasi caesar akan membaik satu tahun setelah operasi dilakukan. Pada tahun-tahun berikutnya, sensasi mati rasa akan semakin jarang terjadi hingga akhirnya terasa normal kembali. 

Tapi, jika mati rasa tidak sepenuhnya hilang di area sekitar luka operasi caesar, cobalah untuk memijat sekitar area tersebut secara perlahan untuk memperlancar aliran darah. Konsultasikan juga ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik agar tidak ada kesalahan dalam proses pemulihan pasca operasi caesar.

Penggunaan obat luka operasi caesar bisa menjadi jalan terbaik untuk membantu membuat ibu yang baru melakukan persalinan merasa lebih nyaman. Sebab, dengan menggunakan obat tersebut luka bekas operasi bisa lebih cepat pulih. Anda bisa mendapatkan obat tersebut dan Domperidone melalui Go Apotik. Semoga bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments "Operasi Caesar yang Perlu Diperhatikan Oleh Setiap Ibu", Baca atau Masukkan Komentar